Appamsi

Tentang Kami

Tentang Asosiasi Perusahaan Pengelola Air Minum dan Sanitasi Indonesia (APPAMSI)

Tentang Kami

Asosiasi Perusahaan Pengelola Air Minum dan Sanitasi Indonesia (APPAMSI) adalah organisasi yang mewadahi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan layanan air minum dan sanitasi di Indonesia. 

APPAMSI didirikan pada tahun 2022 berdasarkan Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 dan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0010836.AH.01.07. Tahun 2022 Tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Asosiasi Perusahaan Pengelola Air Minum dan Sanitasi Indonesia. 

Memiliki anggota dari berbagai perusahaan di seluruh Indonesia, termasuk perusahaan air minum milik pemerintah, swasta, maupun koperasi.

APPAMSI menyediakan platform untuk anggotanya untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan teknologi terbaru dalam pengelolaan air minum dan sanitasi. APPAMSI juga melakukan kegiatan-kegiatan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan para anggotanya dalam bidang pengelolaan air minum dan sanitasi.

Sebagai asosiasi yang peduli dengan lingkungan, APPAMSI juga memperhatikan aspek keberlanjutan dalam pengelolaan air minum dan sanitasi, serta mempromosikan praktek-praktek ramah lingkungan dalam pengelolaan limbah dan penggunaan sumber daya air yang bertanggung jawab.

Visi & Misi

Visi Appamsi

Mendukung Program Pemerintah Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Misi Appamsi

  1. Perlindungan Hukum dan bantuan advokasi terhadap anggota dengan bekerjasama pada Lembaga penegak hukum (POLRI, Kejaksaan, KPK)
  2. Bekerjasama dengan DPR RI Komisi Hukum untuk membantu anggota dari intervensi politik Lokal Daerah (DPRD)
  3. Bekerjasama dengan Kementerian / Lembaga / Badan untuk kemudahan perizinan (SIPA/AMDAL dll)
  1. Mencari dukungan pembiayaan program organisasi.
  2. Membantu anggota dalam alternatif pembiayaan infrastruktur pembangunan SPAM (Bantuan APBN / Penyertaan Modal Pemda / Kerjasama KPBU)
  3. Membantu anggota untuk menetapkan kebijakan tarif FCR
  1. Menyelenggarakan Twinning Kemitraan, FGD, Seminar Nasional dan Internasional
  2. Memperkuat Organisasi DPP berkolaborasi / network dengan Asosiasi Pemerintah Daerah (APEKSI / APKASI)
  3. Meningkatkan kompetensi SDM seluruh anggota (Optimalisasi YPTD, Bimtek, Program, Pelatiham, TOT, COE, Sertifikasi Berbasis web)
  1. Menampung dan mengakomodir masukan dari anggota melalui Workshop / FGD secara berkala
  2. Memfasilitasi kebutuhan anggota / PD dengan memberikan subsidi pelaksanaan pelatihan berbasis kompetensi
  3. Membantu anggota mendorong program merger SPAM / SPAL menuju skala ekonomi
  1. Melaksanakan transformasi digital, membuat system pelayanan digital untuk seluruh PDAM dengan membuat “Big Data”
  2. Membantu menyediakan sarana dan prasarana TIK bagi PDAM yang kurang mampu
  3. Membangun Contact Center (CRM) yang terintegrasi untuk seluruh PDAM di Indonesia

Roadmap 

Roadmap appamsi

  1. Perubahan struktur organ DPP Perpamsi yang mengakomodir Pengurus Daerah
  2. Advokasi hukum untuk seluruh anggota
  3. Bekerjasama dengan Kementrian / Lembaga Hukum / DPR RI / APEKSI / APKASI
  1. Dukungan pembiayaan insentif, subsidi pelaksanaan training
  2. Dukungan program COE, Twinning, FGD dan Sertifikasi Kompetensi di Daerah
  1. Menetapkan kebijakan tarif FCR
  2. Terciptanya pembangunan infrastruktur SPAM untuk pencapaian cakupan pelayanan dan MDGS (100-0-100) akses air minum layak melalui skema pembiayaan (APBN / Penyertaan Modal Daerah / KPBU)
  1. Transformasi digital menuju Big Data
  2. Terbangunnya TIK yang terintegrasi (E-proc / CRM / E-Katalog / Smart Water Grid Management)

Maksud & Tujuan 

Maksud dan Tujuan Appamsi

    Wadah berhimpun bagi para anggota yang atas dasar kesamaan usaha, kegiatan dan profesi untuk terus menerus meningkatkan kinerja, mengembangkan kemampuan dalam pengelolaan air minum dan sanitasi bagi masyarakat.

      Membantu dan menjadi mitra pemerintah untuk mencapai tujuan bernegara dalam penyelenggaraan, pengelolaan dan pelayanan pemenuhan kebutuhan hajat hidup masyarakat terhadap air minum dan sanitasi di Indonesia.

      Struktur Organisasi

      Struktur Organisasi APPAMSI

      Struktur Organisasi Asosiasi Perusahaan Pengelola Air Minum dan Sanitasi Indonesia (APPAMSI)

      Kontak Kami

      Kontak kami

      Anda dapat menghubungi tim kami langsung menggunakan informasi kontak. Kami selalu siap membantu Anda dengan setiap permintaan.

      Makna Lambang

      Makna Lambang APPAMSI

      Tulisan APPAMSI, sekaligus menjadi logo nama asosiasi sehingga mudah dikenali sebagai asosiasi profesional, independent yang mempunyai tempat berhimpun bagi para anggotanya yang atas dasar kesamaan usaha, kegiatan dan profesi untuk terus menerus meningkatkan kinerja dalam pengelolaan air minum dan sanitasi serta misi sosial kemasyarakatan lainnya, serta menjadi  mitra pemerintah guna mencapai tujuan bernegara pada bidang air minum dan sanitasi di Indonesia.

      Makna tetesan air

      Simbol hurup “A” pada tulisan APPAMSI merupakan singkatan dari Air. Berwarna biru bening pada bagian atas, menunjukkan bahwa asosiasi profesi ini mengelola air minum/air bersih. Berwarna kuning pada bagian bawah, menunjukkan bahwa asosiasi profesi ini juga menghimpun pengelola sanitasi (air limbah). Posisinya tepat berada di tengah logo, menjadi symbol semangat yang menerangi (lilin dengan nyala bening), mengayomi dan akan senantiasa memberi keteduhan kepada semua anggota yang berhimpun di dalamnya.

      Huruf “S” yang merupakan singkatan dari Sanitasi, dibedakan dengan warna dari hurup lainnya sebagai pembeda bahwa asosiasi ini berhimpun para anggotanya yang bergerak di bidang Air Minum (biru) dan Sanitasi (kuning).

      Makna garis gelombang

      Posisi garis berada dibawah tulisan, dapat dimaknai sebagai wadah (tempat) berhimpunnya sejumlah perusahaan professional (profesi/ pengelola) dalam bidang air minum dan sanitasi

      Membagi symbol tetes air, profesi pengelola air minum dengan pengelola sanitasi adalah kegiatan yang berbeda tapi senantiasa bersinergi dalam pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar/hajat hidup orang banyak

      Melengkung dari kanan ke kiri dapat dimaknai, sebagai gelombang arus air dari pegunungan yang terus menurus mengalir ke pantai (hulu ke hilir), air yang mengalir dari sumber air di pegunungan yang terdistribusi kepada masyarakat berdasarkan sasaran SPAM jangka panjang yakni 4 K, (Kualitas, Kuantis, Kontinyuitas, dan Keterjangkauan)

      Warna hijau bermakna kesehatan, kesejukan, kesegaran sebagai bagian dari manipestasi alam, mewakili ketenangan, keberuntungan, dan juga komitmen yang kuat